Implementasi Layanan Rakyat Untuk Sertipikat Tanah (Larasita) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar

Zikri Haykal, 170802157 (2022) Implementasi Layanan Rakyat Untuk Sertipikat Tanah (Larasita) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Layanan Rakyat Untuk Sertipikat Tanah (Larasita) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar] Text (Implementasi Layanan Rakyat Untuk Sertipikat Tanah (Larasita) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar)
Zikri Haykal, 170802157, FISIP, IAN, 082223968033.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar melakukan inovasi dan terobosan melalui peningkatan pelayanan di bidang sertipikat pertanahan, yaitu program Layanan Rakyat untuk Sertipikat Tanah (LARASITA) di Kabupaten Aceh Besar. Program ini bersifat pelayanan bergerak (mobile service) yang dilengkapi dengan teknologi dan komunikasi yang terhubung langsung pada kantor Pertanahan setempat. Fasilitas mobil yang digunakan juga untuk kegiatan penyuluhan pertanahan, menerima pengaduan dan lainnya yang secara langsung dilayani oleh petugas dari Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi serta upaya Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar dalam memaksimalkan program LARASITA pada masyarakat dan apa saja dukungan serta hambatan dalam pelakasanaan program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat beberapa indikator dalam pelayanan LARASITA .Perencanaan dan pelaksanaan LARASITA, Pengorganisasian LARASITA, Penyuluhan, menyambungkan aspirasi masyarakat melalui program pertanahan, dan penggunaan perangkat jaringan komunikasi dapat dilakukan secara baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi dalam program LARASITA oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar sudah berjalan cukup maksimal dan efektif, dilihat dari perencanaan, penyuluhan serta pelaksanaan pelayanan yang sudah baik, mulai dari perencanaan dan penempatan pemilihan staff yang sesuai tugasnya pada tim, pengarahan serta pengkoordinasian yang sudah baik dilaksanakan oleh koordinator dan pencapain tim, dalam pelaksanaan pelayanan yang telah dilakukan pada tahun 2021 sudah cukup baik dilaksanakan tim dalam pelaksanaan program LARASITA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Zikri Haykal
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:21
Last Modified: 01 Sep 2022 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22855

Actions (login required)

View Item
View Item