Dampak K-Pop Terhadap Perilaku Siswa Man I Aceh Besar

Yuli Hermawati, 160501046 (2022) Dampak K-Pop Terhadap Perilaku Siswa Man I Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Dampak K-Pop Terhadap Perilaku  Siswa Man I Aceh Besar] Text (Dampak K-Pop Terhadap Perilaku Siswa Man I Aceh Besar)
Yuli Hermawati, 160501046, FAH, SKI, 082261588912.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

K-pop atau Korean Pop merupakan musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Saat ini, musik K-pop sangat digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penggemar K-pop tersebar di berbagai kalangan, salah satunya adalah siswa Sekolah Menengah Atas, seperti siswa yang ada di MAN I Aceh Besar. Biasanya, penggemar K-pop, khususnya penggemar remaja, merupakan penggemar fanatik yang suka meniru sikap atau perilaku idola mereka. Untuk itu, melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan oleh K-pop terhadap perilaku penggemar K-pop, khususnya siswa MAN I Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, orang tua siswa, dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak K-pop terhadap perilaku siswa MAN 1 Aceh Besar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak postif adalah mempunyai wawasan luas, motivasi belajar tinggi, menguasai bahasa asing, pergaulan luas, kreativitas tinggi, kompak dengan sesama K-popers, dan suka menabung. Adapun dampak negatif adalah terlalu boros terhadap aksesoris kpop, sering berkhayal, tidak fokus terhadap pelajaran, sering begadang, lebih suka bersosialisasi dengan teman yang berada di dunia maya daripada teman di dunia nyata, banyak musuh, dan terlalu protektif terhadap idola.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Yuli Hermawati
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:08
Last Modified: 02 Sep 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22859

Actions (login required)

View Item
View Item