Pengembangan Media Cool Application Powerpoint Interactive Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD

Reza Sukma Dewi, 180209067 (2022) Pengembangan Media Cool Application Powerpoint Interactive Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Cool Application Powerpoint Interactive Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD] Text (Pengembangan Media Cool Application Powerpoint Interactive Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD)
Reza Sukma Dewi, 180209067, FTK, PGMI, 082273156379.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Keterbatasan kesediaan media pembelajaran serta kurangnya media bervariatif yang ada di sekolah sangatlah mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Sedangkan dilihat dari gaya belajar siswa kelas III SD cenderung mengikuti gaya belajar audio visual, artinya siswa dapat belajar dengan maksimal jika adanya media pembelajaran berbasis audio visual. Salah satu media yang dapat dikembangkan yaitu media cool application powerpoint intercative. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui desain pengembangan media cool application powerpoint interacive pada tema 6 energi dan perubahnnya di kelas III SD, (2) mengetahui kelayakan media media cool application powerpoint interactive siswa pada tema 6 energi dan perubahnnya di kelas III SD, (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap media cool application powerpoint interactive pada tema 6 energi dan perubahannya di kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, yang menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil validasi media diperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak (2) hasil validasi materi diperoleh skor 80% dengan kategori layak, (3) hasil validasi media dan materi oleh guru dengan diperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak dan (4) hasil respon guru dengan skor 100% dengan kategori sangat layak dan hasil respon siswa dengan presentase 96% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media cool application powerpoint interactiv pada tema 6 energi dan perubahanya di kelas III SD sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Cool Application Powerpoint Interactive.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reza Sukma Dewi Reza
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:58
Last Modified: 02 Sep 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item
View Item