Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya

Nurmaghfirah, 180802068 (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya)
NURMAGHFIRAH, 180802068,FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pelayanan adalah suatu hal yang amat penting bagi kepuasan pemustaka sebab, tercapai atau tidaknya tujuan yang diinginkan tergantung pada kepuasan pemustaka. Hal ini dapat diukur dengan membandingkan persepsi para pemustaka atas pelayanan yang mereka terima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu : (1) Perolehan hasil analisis deskriptif dengan nilai rerata baik dari segi kualitas pelayanan maupun kepuasan pemustaka skala penilainnya berada pada angka 3,59 yang menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan pemustaka sudah baik. (2) Hasil persamaan regresi Y = 1,643+0,962X+e menujukkan bahwa hasil persamaan regresi linear sederhana tersebut, nilai konstanta positif sebesar 1,643 menunjukkan pengaruh positif variabel independen (kualitas pelayanan). (3) Koefisien R Square menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya sebesar 0,965, yang berarti pengaruhnya sebesar 96,5% (sangat kuat) dan sisanya sebesar 3,5% dipengaruhi oleh faktor lain. (4) Hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dimana nilai thitung sebesar 52,028 sedangkan ttabel sebesar 1,984. Sehingga, menujukkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka. Saran peneliti untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya agar terus meningkatkan kualitas pelayanan baik fisik maupun non fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurmaghfirah Nurmaghfirah
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:43
Last Modified: 02 Sep 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item
View Item