Pemodelan Daerah Kekeruhan dan Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Melayang di Sungai Krueng Aceh

Ricki Ardiansyah, Ricki (2021) Pemodelan Daerah Kekeruhan dan Kelimpahan Mikroplastik Pada Sedimen Melayang di Sungai Krueng Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Mikroplastic, Turbidity, Suspended Load, Estuary Turbidity Maxima (ETM).] Text (Membahas Mikroplastic, Turbidity, Suspended Load, Estuary Turbidity Maxima (ETM).)
Ricky Ardiansyah, 160702065, FST, TL, 081397352646.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18MB)

Abstract

Sungai Krueng Aceh merupakan sungai terpanjang dan terluas yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Padatnya aktivitas di sepanjang sungai Krueng Aceh seperti kegiatan yang terjadi di pelabuhan, perikanan, penangkaran kapal, tempat wisata, kegiatan pasar dan pemukiman diketahui telah menyebabkan TDS (total dissolve solid) masuk pada kategori cemar sedang dengan konsentrasi seperti logam timbal (Pb), dan kadmium (Cd) telah melewati baku mutu. Salah satu masalah serius di perairan disebabkan oleh sampah plastik. Transformasi plastik menjadi mikroplastik (pecahan plastik berukuran ≤ 5 mm) disebabkan oleh cahaya matahari dan gelombang yang mendegradasi plastik menjadi serpihan-serpihan kecil yang menyerupai partikel. kelimpahan mikroplastik tertinggi didapatkan pada titik lokasi sampling 8 sebesar 360 partikel/kg. Jenis mikroplastik yang ditemui pada Sungai Krueng Aceh yaitu fiber, film, dan fragmen. konsentrasi Total Suspended Solid (TSS) tertinggi didapatkan pada titik lokasi sampling 2 yaitu 68 mg/l. konsentrasi Total Dissolved Solid (TDS) tertinggi didapatkan pada titik lokasi sampling 6 yaitu 759 mg/l. konsentrasi kekeruhan tertinggi didapatkan pada titik lokasi sampling 5 yaitu 22,4 NTU. Konsentrasi COD tertinggi didapatkan pada titik lokasi sampling 8 dengan konsentrasi 951 mg/l. Konsentrasi DO pada lokasi sampling Sungai Krueng Aceh telah memenuhi standar bakumutu yang ditetapkan pada PP No. 82 Tahun 2001. Riset ini dilakukan untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik pada sedimen melayang di Sungai Krueng Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Abd Mujahis Hamdan, M.Sc. 2. Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Mikroplastik, Sedimen melayang, Estuary Turbidity Maxima (ETM)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ricki Ardiansyah
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:04
Last Modified: 02 Sep 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item
View Item