Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Tingkat MTs.

Muhammad Ansari, 180201138 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Tingkat MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  Berbasis Saintifik pada Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Tingkat MTs.] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik pada Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Tingkat MTs.)
Muhammad Ansari, 180201138, FTK, PAI, 082184136568.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis saintifik pada materi Akidah Akhlak dilatar belakangi dengan persoalan masih banyaknya guru Akidah Akhlak yang belum mengembangakan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang membuat kebanyakan peserta didik tidak terlalu aktif dan cenderung pasif saat pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan LKPD berbasis saintifik pada materi Akidah Akhlak kelas 8 MTs dengan mengetahui tingkat kelayakan serta respon guru terhadap produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE, mencakup lima langkah: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang di modifikasikan sesuai kondisi saat penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Adapun persentase tahap validasi kelayakan LKPD yaitu dari bidang materi sebesar 98,8%, bidang media sebesar 90%, bidang bahasa sebesar 75%, dan bidang pendekatan saintifik sebesar 98,3%. Total nilai rata-rata dari keseluruhan persentase validator sebesar 90,5% dengan kriteria Sangat Layak. Sedangkan hasil respon guru Akidah Akhlak dari beberapa guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) secara keseluruhan dihasilkan rata-rata kualitas baik untuk LKPD Akidah Akhlak berbasis saintifik mendapatkan total persentase 88,4%, yang sudah dikatagorikan Sangat Baik. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis saintifik ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ansari
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:46
Last Modified: 02 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item
View Item