Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP

Zulfia Rahmi, 170205040 (2022) Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi untuk Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Soal] Text (Pengembangan Soal)
Zulfia Rahmi, 170205040, FTK, PMA, 082275173921.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) merupakan soal pengganti UN (Ujian Nasional) yang diberikan kepada siswa untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Akan tetapi, sekolah belum terbiasa dengan soal AKM karena untuk mengakses soal AKM masih terbatas. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba mengembangkan soal AKM numerasi untuk siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan hasil pengembangan soal AKM numerasi untuk siswa SMP dengan menggunakan metode R&D dan model pengembangan Tessmer. Tahapan pengembangan tessmer meliputi tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Penelitian ini menghasilkan dua paket soal, setiap paket soal terdiri atas enam soal dengan lima item soal berbeda. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan uji coba lapangan, diperoleh bahwa soal nomor 1, 5, dan 6 dapat diterima, soal nomor 4 dan 10 dapat diterima dengan perbaikan, soal nomor 2, 3, 7, 8, dan 11 perlu diperbaiki, dan soal nomor 9 dan 12 ditolak atau harus diganti dengan soal yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfia Rahmi Fia
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:50
Last Modified: 02 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item
View Item