Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menghilangkan Kecemasan Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif di Dayah Baitussabri Gampong Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar)

Mohd. Okta Fathama, 150402093 (2021) Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menghilangkan Kecemasan Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif di Dayah Baitussabri Gampong Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menghilangkan Kecemasan Santri  Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif di Dayah Baitussabri Gampong Lambro  Deyah Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar)] Text (Urgensi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menghilangkan Kecemasan Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif di Dayah Baitussabri Gampong Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar))
Mohd. Okta Fathama, 150402093, FDK, BKI, 082318010662.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri, upaya pengurus dayah dalam mengatasi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri dan pentingnya bimbingan konseling Islam untuk mengatasi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri Gampong Lambro Deyah Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pengurus dayah, pimpinan dayah dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri terlihat dengan adanya rasa antisipasi santri terhadap penularan Covid-19 pada dirinya dengan membatasi berbagai kegiatan di dayah seperti kontak dengan sesama teman, menjaga semua fasilitas hidup di dayah dari penyebab penularan Covid-19 serta selalu melaksanakan protocol Kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan serta menghindari kerumunan. Upaya pengurus dayah dalam mengatasi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri dilakukan dengan membatasi gerakan kegiatan santri terutama kontak dengan pihak dari luar dayah, aktif melaksanakan ibadah yang bertujuan meminta wabah Covid-19 diangkat oleh Allah SWT dan melaksanakan protokol kesehatan kepada seluruh elemen dayah termasuk santri. Bimbingan konseling Islam menrut pihak dayah untuk mengatasi kecemasan santri pada masa Pandemi Covid-19 di Dayah Baitussabri sangat penting dengan cara memberikan pengetahuan dan meyakinkan keyakinan santri akan wabah Covid-19 ialah cobaan dari Allah SWT bukan perbuatan manusia, sehingga hanya kepada Allah SWT para santri meminta untuk diangkat musibah ini dari muka bumi ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mohd. Okta Fathama
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:56
Last Modified: 02 Sep 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item
View Item