Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Media Pada Layanan Klasikal di SMP Negeri 17 Banda Aceh

Sri Munira, 170213035 (2022) Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Media Pada Layanan Klasikal di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Media Pada Layanan Klasikal di SMP Negeri 17 Banda Aceh] Text (Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Media Pada Layanan Klasikal di SMP Negeri 17 Banda Aceh)
Sri Munira, 170213035, FTK, BK, 082316086422.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan guru BK dalam penggunaan media adalah kemampuan guru BK dalam mengembangkan potensi dan penggalian peserta didik melalui cara yang variatif dan kreatif. Fenomena yang terjadi di lokasi penelitian, guru BK belum dapat meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti layanan klasikal sehingga layanan terkesan menoton dan membosankan, dan metode yang digunakan hanya metode ceramah dan tanya jawab sehingga banyak peserta didik tidak memperhatikan guru BK ketika menyampaikan isi materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterampilan guru BK menggunakan media dalam layanan klasikal di SMP Negeri 17 Banda Aceh (2) penggunaan spinning wheel dalam layanan klasikal pada siswa SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian 5 orang guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian guru BK menggunakan media spinning wheel agar layanan klasikal lebih menarik dan metode penyampaian materi lebih bervariasi, dan media spinning wheel dapat membuat peserta didik memiliki rasa ingin tahu terhadap pembahasan yang akan dibahas. Kesimpulan dari penelitian ini, media spinning wheel merupakan salah satu media yang dapat menjadikan guru BK terampil dalam membahas materi pada layanan klasikal, dan melalui media spiining wheel dapat menarik perhatian dan minat peserta didik dalam mengikuti layanan klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sri Munira
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:02
Last Modified: 06 Sep 2022 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item
View Item