Penguatan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Pada Santri Dayah BUDI Mesja Lamno Kabupaten Aceh Jaya

Fajri, 170304035 (2022) Penguatan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Pada Santri Dayah BUDI Mesja Lamno Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah] Text (Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah)
Fajri, 170304035, FUF, AFI, 082211532493.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penguatan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah pada santri Dayah BUDI Mesja Lamno. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendangkalan aqidah yang terjadi di masyarakat sehingga penting untuk dilakukan penelitian terkait penguatan aqidah terutama pada santri di dayah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kajian dan strategi penguatan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di Dayah BUDI Mesja Lamno.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan teologis normatif dan pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kajian aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah pada santri hanya difokuskan pada al-Qur’an dan hadist serta pengkajian kitab-kitab tradisional sebagai rujukan yang sudah diakui kebenarannya oleh mayoritas ulama. Kitab-kitabnya yaitu kitab al-‘Aqi>dat al-Isla>miyyah, kitab Khamsat Mutu>n, dan kitab Dusu>qi>. Kitab-kitab tersebut dipelajari santri sesuai dengan tingkatan masing-masing, dimulai dari tingkatan Ibtidayah, Tsanawiyah, dan ‘Aliyah. Adapun strategi penguatan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah pada santri Dayah BUDI Mesja Lamno yaitu pengajian rutin, pendalaman memahami kitab, mengevaluasi pemahaman aqidah santri, dan pembinaan karakter santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Fajri Fajri
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:15
Last Modified: 02 Sep 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item
View Item