Pengawasan Pendistribusian Gas Elpiji Subsidi 3 Kg di Gampong Blang Pauh Dua Kecamatan Julok Oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Aceh Timur

Wildanum Mukhalladun, 180802130 (2022) Pengawasan Pendistribusian Gas Elpiji Subsidi 3 Kg di Gampong Blang Pauh Dua Kecamatan Julok Oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengawasan Pendistribusian Gas Elpiji Subsidi 3 Kg] Text (Pengawasan Pendistribusian Gas Elpiji Subsidi 3 Kg)
Wildanum Mukhalladun, 180802130, FISIP, IAN, 085218706015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Energi menjadi sumber utama dalam aktivitas. Gas elpiji adalah hasil energi yang bersumber dari bumi. Gas elpiji memiliki 4 produk yaitu gas elpiji 3 kg, 5,5 kg, 12 kg dan 50 kg. Pertamina merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah dalam menyalurkan gas elpiji 3 kg kepada masyarakat. Produk gas elpiji memiliki satu produk yang diberikan subsidi bagi masyarakat miskin yaitu gas elpiji 3 kg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pengawasan terhadap pendistribusian gas elpiji 3 kg di Gampong Blang Pauh Dua oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM dan mengetahui penghambat harga eceran tertinggi terhadap pendistribusian gas elpiji 3 kg di Gampong Blang Pauh Dua.. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskripsi.Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengawasan pemerintah dalam pendistribusian gas elpiji 3 kg di Gampong Blang Pauh dua dalam menetapkan standar masih sangat kurang maksimal dilihat dari segi waktu pengawasan dan pendistribusian serta harga eceran tertinggi di pangkalan dan pengecer masih tidak memenuhi standar dan terbatasannya dari sarana dan prasarana.Serta hambatan pelaksanaan pengawasan pendistribusian elpiji 3 kg terhadap harga eceran tetap di lihat dari belum adanya sanksi yang tegas yang diberikan oleh pemerintah dan dari pihak agen. Kurangnya kesadaran dari masyarakat, agen dan pangkalan dalam pendistribusian gas elpiji 3 kg serta dibutuhkannya sosialisasi terhadap segala informasi yang terkait terhadap gas elpiji 3 kg dalam pendistribusiannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pengawasan masih belum optimal dan hambatan pelaksanaan pengawasan masih belum ada sanksi yang tegas dan Masih kurangnya kesadaran agen, pangkalan dan masyarakat terhadap pendistribusian gas elpiji 3 kg.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wildanum Mukhalladun Wildanum
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:57
Last Modified: 02 Sep 2022 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item
View Item