Implementasi Program Beuet al-Qur’ān Ba’da Magrib di Kabupaten Aceh Besar

Uswatun Hasanah, 201003025 (2022) Implementasi Program Beuet al-Qur’ān Ba’da Magrib di Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Program Beuet al-Qur’ān   Ba’da Magrib di Kabupaten Aceh Besar] Text (Implementasi Program Beuet al-Qur’ān Ba’da Magrib di Kabupaten Aceh Besar)
Uswatun Hasanah, 201003025, PS, PAI, 085370229223.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Di antara perhatian dalam Islam yang tidak boleh dilupakan adalah mengajarkan al-Qur’ān kepada generasi muda. Banyak anak usia sekolah menghabiskan waktu dengan mengerjakan yang tidak bermanfaat, seperti bermain game dan duduk di warung kopi ketika magrib. Untuk mengatasi fenomena ini maka salah satu upaya pemerintah daerah Kabupaten Aceh Besar adalah mencetuskan program beuet al-Qur’ān ba’da magrib pada tahun 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, proses monitoring dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat program beuet al-Qur’ān ba’da magrib di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Besar yang berlokasi di Desa Aneuk Galong Baro dan Desa Weusiteh. Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Kepala Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh Besar, teungku/Ustadz yang mengajar beuet al-Qur’ān ba’da magrib, Kepala Desa Aneuk Galong Baro, Kepala Desa Weusiteh dan santri. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, kemudian akan ditampilkan (display data), diolah dan diinterpretasikan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program beuet al-Qur’ān ba’da magrib tidak mengalami kendala bahkan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib sudah dilaksanakan di semua desa yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Hasil monitoring dan evaluasi program beuet al-Qur’ān ba’da magrib menunjukkan bahwa pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib sudah berjalan lancar walaupun masih kurang efektif. Kurangnya tenaga pengajar dan pengaruh teknologi menjadi hambatan dalam pelaksanaan beuet al-Qur’ān ba’da magrib.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:13
Last Modified: 02 Sep 2022 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item
View Item