Hubungan Student Engagement Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Rizki Putri, 170901147 (2021) Hubungan Student Engagement Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Student Engagement] Text (Student Engagement)
Rizki Putri, 170901147, FPSI, PSI, 085277276671.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara student engagement dengan social loafing pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional, dan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan jumlah responden 376 mahasiswa. Dalam penelitian ini, instrumen penelitian menggunakan skala student engagement yang disusun berdasarkan aspek student engagement dari Fredricks (2011) dengan hasil reliabilitas α = 0,947. Dan skala social loafing yang di adaptasi dari skala yang disusun oleh Agung, Susanti, dan Yunis (2019) dengan reliabilitas α = 0,867. Nilai koefisien korelasi pearson r = -0,710, ρ = 0,000 (ρ <0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara student engagement dengan social loafing pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Artinya semakin tinggi student engagement maka semakin rendah social loafing. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah student engagement maka semakin tinggi social loafing pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rizki Putri Putri
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:27
Last Modified: 09 Sep 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item
View Item