Mekanisme Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Hauriatul Jannah, 140601028 (2017) Mekanisme Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO)
HAURIATUL JANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh merupakan salah satu bank syariah terpercaya di Aceh yang beralamat di Jln. Daud Beureueh No. 7274 Lampriet Kota Banda Aceh. PT. BRISyariah KC Banda Aceh menawarkan berbagai macam, produk salah satunya produk pembiayaan KUR Mikro IB yaitu pembiayaan yang termasuk dalam kelompok program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha mikro yang dinilai produktif dan layak. Adapun tujuan penulisan Laporan Kerja Praktik (LKP) ini untuk mengetahui syarat dan ketentuan dalam pengajuan pembiayaan KUR, mengetahui proses pemberian pembiayaan KUR dan mengetahui proses pemeliharaan pasca pencairan KUR pada PT. BRISyariah KC Banda Aceh. Kegiatan pemberian pembiayaan KUR Mikro iB memiliki beberapa tahapan mulai dari tahap pengajuan pembiayaan sampai tahap pemeliharaan pasca pencairan. Dalam pelaksanaannya, pembiayaan KUR Mikro iB berpedoman pada UndangUndang, Peraturan Bank Indonesia, Peraturan Menteri, Fatwa Dewan Pengawas Syariah (DSN) dan peraturan lainnya, sehingga pelaksanaan pembiayaan tersebut dapat dikatakan sesuai syariah. Produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB ini merupakan produk yang sangat prospektif karena dapat memberikan solusi bagi masyarakat khususnya yang mempunyai usaha mikro, kecil dan menengah untuk mendapatkan modal lebih bagi usahanya. Oleh karena itu mengingat produk KUR Mikro iB ini adalah produk baru maka pihak perbankan khususnya PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh lebih giat dalam mensosialisasikan dan memberikan bantuan pembiayaan kepada masyarakat sehingga mereka dapat menjalankan usahanya dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: 1.Syahminan,S.Ag.,M.Ag. NIP. 197003052000031002 2.Dr.Nevi Hasnita, S.Ag.,M.Ag. NIP. 197711052006042003
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hauria Jannah
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:24
Last Modified: 09 Aug 2017 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item
TOP