Implementasi Pembinaan Mualaf Dibidang Keagamaan Oleh Yayasan Hidayatullah Kecamatan Lawe Sigala-Gala Kabupaten Aceh Tenggara

Sari Nurhajijah, 180403040 (2022) Implementasi Pembinaan Mualaf Dibidang Keagamaan Oleh Yayasan Hidayatullah Kecamatan Lawe Sigala-Gala Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Implementasi Pembinaan Mualaf Dibidang Keagamaan Oleh Yayasan Hidayatullah Kecamatan Lawe Sigala-Gala Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Implementasi Pembinaan Mualaf Dibidang Keagamaan Oleh Yayasan Hidayatullah Kecamatan Lawe Sigala-Gala Kabupaten Aceh Tenggara)
Sari Nurhajijah, 180403040, FDK, MD, 082253933234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Implementasi Pembinaan Mualaf di bidang Keagamaan Oleh Yayasan Hidayatullah Kecamatan Lawe Sigala-Gala Kabupaten Aceh Tenggara”. Fokus kajian ini adalah terkait implementasi program pembinaan mualaf di Yayasan Hidayatullah, strategi Yayasan Hidayatullah dan kendala yang dihadapi oleh Yayasan Hidayatullah dalam membina mualaf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program apa saja yang diberikan kepada mualaf dan strategi apa saja yang dilakukan oleh Yayasan Hidayatullah serta kendala apa saja yang di alami oleh Yayasan Hidayatullah dalam membina mualaf. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif. Tehnik yang digunakan dalam peneliti ini adalah tehnik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembinaan mualaf yang diberikan oleh Yayasan berupa (1). Bidang skill seperti menjahit dan membuat kue, (2). Bidang keagamaan seperti belajar berwudhu, sholat dan bidang keagamaan dasar lainnya. Dalam pertemuan dua kali seminggu pada hari rabu dan sabtu. Dan strategi yang digunakan oleh Yayasan Hiayatullah dalam mengimlementasikan program dengan menunakan metode sepert: (a) metode lisan, (b) dua arah, dan (c) praktek. Serta strategi Dalam membina mualaf adalah menarik atau memberikan beasiswa ke pada anak mualaf dengan syarat yang mudah yaitu ibu dari anak tersebut harus mengikuti pengajian yang dilaksanakan di yayasan hidayatullah.yang dimana strategi itu mampu menarik perhatiaan para mualaf. Dan adapun kendala yang dihadapi oleh Yayasan adalah (1). Kendala internal yaitu kendala yang timbul dari dalamnya organisasi seperti kurangnya dana, dan (2). Kendala dari external yaitu kendala yang timbul dari luarnya organisasi seperti kendala yang dihadapi oleh Pembina dan mualaf.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Sari Nurhajijah
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:38
Last Modified: 05 Sep 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22909

Actions (login required)

View Item
View Item