Pengawasan Disperindagkop Terhadap Transaksi Swalayan Di Kota Langsa Dalam Perspektif Konsep Al-Hisbah

Aina Wustqa Husin, 180102027 (2022) Pengawasan Disperindagkop Terhadap Transaksi Swalayan Di Kota Langsa Dalam Perspektif Konsep Al-Hisbah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Pengawasan Disperindagkop Terhadap Transaksi Swalayan Di Kota Langsa Dalam Perspektif Konsep Al-Hisbah] Text (Pengawasan Disperindagkop Terhadap Transaksi Swalayan Di Kota Langsa Dalam Perspektif Konsep Al-Hisbah)
Aina Wustqa Husin, 180102027, FSH, HES, 082150802992.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengawasan Disperindagkop terhadap transaksi swalayan di Kota Langsa dalam perspektif konsep al-Hisbah, dengan mengambil objek penelitian pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Langsa dan swalayan Kota Langsa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk pengawasan yang dilakukan Disperindagkop Kota Langsa terhadap rekayasa harga yang dilakukan oleh manajemen swalayan, bagaimana dampak pengawasan rekayasa harga yang dilakukan oleh Disperindagkop Kota Langsa terhadap konsumen dan manajer swalayan, dan bagaimana perspektif konsep al-Hisbah terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang pengawasan yang dilakukan Disperindagkop Kota Langsa terhadap rekayasa harga pada swalayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif analisis, dengan menggunakan tenik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Disperindagkop Kota Langsa termasuk kedalam pengawasan preventif, karena sebelum melakukan pengawasan Disperindagkop Kota Langsa membuat suatu rancangan rencana kegiatan agar nantinya tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan pada saat pengawasan berlangsung. Bentuk pengawasannya yaitu, melakukan kebijakan operasi pasar, yang meliputi pengawasan terhadap penetapan harga dan pengelolaan swalayan. Pengawasan melalui operasi pasar tersebut memberikan dampak positif bagi konsumen, yaitu dimana konsumen lebih teliti lagi terkait adanya kecurangan dalam penetapan harga yang dilakukan oleh pihak manejer swalayan dan bagi manejer swalayan yang tidak mengikuti aturan sudah mulai mengikuti aturan yang ada serta harga menjadi sesuai dengan yang tertera di label. Jika ditinjau dari al-Hisbah, bahwasanya peraturan yang dibuat oleh Disperindagkop Kota Langsa telah sesuai dengan konsep al-Hisbah dan Disperindagkop Kota Langsa juga melakukan pengawasan secara maksimal dan menyeluruh terhadap transaksi swalayan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aina Wustqa Husin
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:57
Last Modified: 05 Sep 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item
View Item