Peran Pemerintah Kecamatan Dalam Pelaksanaan Pilchiksung (Pemilihan Keuchik Langsung) Serentak Di Kecamatan Darussalam

Nadia Riska, 170802153 (2022) Peran Pemerintah Kecamatan Dalam Pelaksanaan Pilchiksung (Pemilihan Keuchik Langsung) Serentak Di Kecamatan Darussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pemerintah Kecamatan Dalam Pelaksanaan Pilchiksung (Pemilihan Keuchik Langsung) Serentak Di Kecamatan Darussalam] Text (Peran Pemerintah Kecamatan Dalam Pelaksanaan Pilchiksung (Pemilihan Keuchik Langsung) Serentak Di Kecamatan Darussalam)
Nadia Riska, 170802153, FISIP, IAN, 081262384436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan regulasi Pilchiksungtak di Kecamatan Darussalam sesuai Qanun Kebupaten Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pemerintahan Gampong. Pemilihan Keuchik sebagai proses yang ditempuh melalui tahapan kegiatan meliputi tahap persiapan, persyaratan dan pendaftaran, pencalonan, kampanye, pelaksanaan pemilihan serta pelantikan dan sumpah janji keuchik dan yang memenuhi syarat sebagai kepala desa. Adapun rumusan masalah 1. Bagaimana peran pemerintah Kecamatan pelaksanaan Pilchiksungtak di Kecamatan Darussalam 2. Bagaimana mekanisme pencalonan pilchiksungtak di Darussalam dengan tujuan 1. Untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas dalam pelaksanaan Pilchiksungtak di Kecamatan Darussalam, 2. Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pencalonan pilchiksungtak. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang berorientasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah Kecamatan Darussalam dalam Pilchiksung (Pemilihan Keuchik secara Langsung) Serentak sudah melakukan koordinasi secara berjenjang sesuai Qanun Kebupaten Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pemerintahan Gampong, sedangkan mekanisme pencalonan secara umum baik meskipun ada kendala teknis yaitu masa transisi (habisnya masa jabatan Keuchik) disaat belum tiba masa pemilihan berikutnya. Kesimpulan secara umum mengenai pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan memfasilitasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan dalam pelaksanaan Pilchiksung (Pemilihan Keuchik secara Langsung) Serentak sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Qanun Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pemerintahan Gampong walaupun masih ada sedikit hambatan dari Pemerintah Kabupaten, akan tetapi tetap berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nadia Riska
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:49
Last Modified: 05 Sep 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item
View Item