Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 20 Aceh Besar

Mailisalidar, 140209115 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan  Model  Pembelajaran  Two  Stay-Two  Stray  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 20Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 20Aceh Besar)
Mailisalidar, 140209115, FTK, PGMI, 082369304714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi tentang penerapan model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 20 Aceh Besar dan telah dilaksanakan penelitian di kelas V.4. Berdasarkan hasil temuan masalah yang terdapat di kelas tersebut terlihat bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS adalah model TSTS, karena dengan model ini siswa belajar bekerja sama dalam kelompok dan saling membantu agar lebih memahami tugas yang diberikan guru.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa menggunakan model TSTS, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model TSTS dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN 20 Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan subjek siswa kelas V.4 MIN 20 Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal test dalam bentuk pilihan ganda. Adapun analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,95% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 92.71% dengan (kategori sangat baik),(2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,79% berada pada (kategori cukup),dan meningkat pada siklus II sebesar 95,83% dengan (kategori sangat baik),(3) Hasil belajar pada siklus I sebesar 56,66% (17 siswa tuntas) dan meningkat pada siklus II sebesar 86,66% (26 siswa tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan model TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V MIN
20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mailisalidar Mailisalidar
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:59
Last Modified: 05 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22925

Actions (login required)

View Item
View Item