Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner Kota Banda Aceh

Rifa Nabila, 180602035 (2022) Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ekonomi Kreatif] Text (Ekonomi Kreatif)
Rifa Nabila, 180602035, FEBI, ES, 081282950185 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru dengan mengadalkan ide, gagasan atau kreativitas yang bersumber dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan dijadikan sebagai faktor produksi utama dalam melakukan kegiatan ekonomi. Penelitian ini mengkaji tentang analisis etika bisnis Islam dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kota Banda Aceh, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kota Banda Aceh serta mengetahui bagaimana peran ekonomi kreatif dalam mengembangkan sektor kuliner di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan etika bisnis Islam dalam mengembangkan ekonomi kreatif sektor kuliner di Kota Banda Aceh dapat dikatakan bahwa, sudah menerapkan dan menjalankan prinsip etika bisnis Islam dengan baik. Hal tersebut sesuai dengan informasi yang diperoleh dari informan bahwasanya café dan restaurant Kota Banda Aceh yang peneliti pilih sudah menerapkan prinsip dalam Islam yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehedak bebas, prinsip tanggung jawab, prinsip kebenaran, kebajikan dan kejujuran. (2) Peran ekonomi kreatif dalam mengembangkan sektor kuliner di Kota Banda Aceh dapat dikatakan bahwa, mampu mengurangi pengangguran dan kemiskinan, membuat lapangan kerja menjadi terbuka, dan meningkatnya kesejahteraan sosial. Ekonomi kreatif sektor kuliner di Kota Banda Aceh menjadikan adanya pendapatan bagi pelaku usaha maupun para tenaga kerja yang berhubungan dalam usaha tersebut. Dengan begitu, ekonomi kreatif sektor kuliner mampu terus berkembang dan diperlukan menggunakan bahan makanan yang sederhana menjadi mewah sehingga para konsumen menjadi tertarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifa Nabila Rifa
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:13
Last Modified: 05 Sep 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22932

Actions (login required)

View Item
View Item