Penyelesaian Wanprestasi pada Perjanjian Investasi Dalam Perspektif Syirkah Inan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jaringan SUTM dan Trafo Distribusi PLN Lokasi Perlak, Aceh Timur).

Rauzatul Ulfa, 180102125 (2022) Penyelesaian Wanprestasi pada Perjanjian Investasi Dalam Perspektif Syirkah Inan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jaringan SUTM dan Trafo Distribusi PLN Lokasi Perlak, Aceh Timur). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penyelesaian Wanprestasi pada Perjanjian Investasi Dalam Perspektif Syirkah Inan] Text (Penyelesaian Wanprestasi pada Perjanjian Investasi Dalam Perspektif Syirkah Inan)
Rauzatul Ulfa, 180102125, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Syirkah berarti Al-Ikthtilath (percampuran) atau persekutuan dua hal atau lebih, sehingga antara masing-masing sulit dibedakan. Salah satu jenis syirkah adalah syirkah inan. Syirkah inan adalah persekutuan dua orang dalam harta milik untuk berdagang secara bersama-sama, dan membagi laba atau kerugian bersama-sama. Dalam persekutuan atau perserikatan dibangun dengan prinsip perwalian (perwakilan) dan kepercayaan atau amanah, maka dalam pelaksanaanya hendaklah kedua belah pihak menjunjung tinggi kebersamaan dan menjauhi penghiantan. Syirkah yang terdapat unsur penghianatan didalamnya akan menimbulkan kerugian pada satu pihak yang berkontribusi. Timbulnya kerugian pada satu pihak dalam suatu kerjasama yang mana didalamnya terdapat Perjanjian Kerjasama yang disetujui kedua belah pihak maka hal itu dinamakan wanprestasi. Wanprestasi adalah suatu keadaan yang dikarenakan kelalaian atau kesalahannya, debitur tidak dapat memenuhi prestasi seperti yang telah ditentukan dalam perjanjian. Adapun adanya penelitian ini bertujuan mengetahui penyelesaian wanprestasi yang terjadi pada Perjanjian Investasi antara PT Syfa Perdana Elektrik dan PT Karissa Meurah Jaya dalam perspektif akad syirkah inan. Kerjasama yang dilakukan oleh para pihak pada Proyek Pembangunan Jaringan SUTM dan Trafo Distribusi PLN lokasi Perlak, Aceh Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian wanprestasi yang telah dilakukan belum dapat menyelesaikan masalah dan memberikan keadilan bagi satu pihak. Maka diperlukan alternatif lainnya dalam kelanjutan penyelesaian wanprestasi ini sehingga pihak yang dirugikan mendapatkan haknya dan pihak pelaku mendapat sanksi yang seharusnya diterimanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rauzatul Ulfa Ulfa
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:22
Last Modified: 05 Sep 2022 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22935

Actions (login required)

View Item
View Item