Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala

Rizki Mubarak Alkam, 160403064 (2022) Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala] Text (Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala)
Rizki Mubarak Alkam, 160403064, FDK, MD, 082365696907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti karena berdasarkan pengamatan awal, PT. Mafaza Tour & Travel yang sudah mendapatkan izin dari Kementerian Agama namun masih belum mempunyai fasilitas yang sepenuhnya maksimal seperti fasilitas ruang tunggu jamaah yang kecil. Disisi lain dalam hal bimbingan terhadap jamaah, jamaah belum sepenuhnya menguasai teori yang diberikan oleh para pembimbing, jamaah harus mendalami kegiatan manasik secara optimal agar dapat menguasai manasik umrah. Jika diamati dari segi informasi, informasi yang diberikan dapat dikatakan mudah dipahami oleh jamaah seperti informasi kegiatan manasik, namun calon jamaah lansia yang kesulitan mendapat informasi sehingga harus ada tindak cepat dari travel sehingga semua calon jamaah dapat mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan pembimbingan manasik Umrah dan faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pengelolaan pembimbingan manasik umrah pada travel di Kecamatan Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan pembimbingan manasik Umrah pada PT. Mafaza Tour & Travel sudah sangat baik. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dengan hasil bahwa pelaksanaan manasik umrah dilaksanakan sebanyak 2 kali. Disamping pelaksanaan manasik Umrah, jamaah juga mendapatkan bimbingan secara virtual beserta dengan informasi-informasi keberangkatan jamaah. Para jamaah dibagikan buku panduan pelaksanaan ibadah Umrah yang dilanjutkan dengan penjelasan oleh pembimbing sehingga jamaah bisa menguasai teori dan praktek pelaksanaan ibadah umrah.Dalam memberikan pemahaman manasik Umrah kepada jamaah, PT.Mafaza Tour & Travel memberikan satu pembimbing perkelompok agar proses bimbingan lebih efektif dan efesien sehingga jamaah dengan mudah memahami bimbingan dari pembimbing. PT. Mafaza Tour & Travel pelayanan full mulai dari memberikan bimbingan, manasik umrah, pengurusan pasport, tiket, visa, imigrasi, ziarah, transportasi, hotel dan lain sebagainya demi kenyamanan ibadah para jamaah Umrah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizki Mubarak Alkam
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:25
Last Modified: 06 Sep 2022 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item
View Item