Manajemen Kearsipan Dalam Pengelolaan Tata Persuratan Di SMPN 17 Takengon

Gunawan Putra, 180206035 (2022) Manajemen Kearsipan Dalam Pengelolaan Tata Persuratan Di SMPN 17 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Manajemen Kearsipan Dalam Pengelolaan Tata Persuratan Di SMPN 17 Takengon] Text (Manajemen Kearsipan Dalam Pengelolaan Tata Persuratan Di SMPN 17 Takengon)
Gunawan, 180206035, FTK, MPI, 082243957336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Keberadaan surat dan arsip dengan informasi yang dimilikinya merupakan tulang punggung manajemen dan organisasi. Keduanya memiliki peranan penting dalam proses penyajian informasi bagi sekolah dan lembaga untuk membuat keputusan dan merumuskan kebijakan, oleh sebab itu untuk dapat menyajikan informasi yang lengkap, cepat dan benar haruslah ada sistem dan prosedur kerja yang baik. Adapun tujuan untuk mengetahui perencanaan kearsipan dalam pengelolaan tata persurtan di SMPN 17 takengon dan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kearsipan dalam pengelolaan tata persuratan di SMPN 17 Takengon dan mengetahui hambatan kearsipan dalam pengelolaan tata persuratan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftip, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama perncanaan persuratan dan kearsipan di SMPN 17 Takengon meliputi beberapa kegiatan yakni merencanakan klasifikasi arsip,membuat jadwal retensi, memperoses surat masuk dan keluar dan menyediakan peralatan fasilitas.Kedua pelaksanaan kearsipan mencakup empat kegiatan yakni penciptaan arsip,pendistribusian arsip,pemeliharaan arsip,penyimpanan arsip. Ketiga hambatan dalam pengelolaan kearsipan, kurangnya sarana dan prasarana seperti lemari arsip dan kekurangan tenaga SDM di bidang persuratan dan kearsipan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gunawan Putra
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:30
Last Modified: 06 Sep 2022 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item
View Item