Pemahaman Santri Balai Pengajian Al Ikhlas Gampong Buket Teukuh Kabupaten Aceh Timur Terhadap Waqaf Dan Ibtida’ Dalam Alquran

Dinda Mauliza, 170303078 (2022) Pemahaman Santri Balai Pengajian Al Ikhlas Gampong Buket Teukuh Kabupaten Aceh Timur Terhadap Waqaf Dan Ibtida’ Dalam Alquran. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pemahaman Santri Balai Pengajian Al-Ikhlās Gampong Buket Teukuh Kabupaten Aceh Timur Terhadap Waqaf Dan Ibtidā’ Dalam Al-Qur’an] Text (Pemahaman Santri Balai Pengajian Al-Ikhlās Gampong Buket Teukuh Kabupaten Aceh Timur Terhadap Waqaf Dan Ibtidā’ Dalam Al-Qur’an)
Dinda Mauliza, 170303078, FUF, IAT 082248802713.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Santri Balai Pengajian al-Ikhlās Gampong Buket Teukuh Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur yang tidak memperhatikan tanda waqaf dan ibtidā’ dengan baik dan benar saat membaca Alquran, padahal pelajaran tentang waqaf sudah pernah dipelajari sebelumnya. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui; (1)Pemahaman santri balai pengajian al-Ikhlās terhadap tanda waqaf dan ibtidā’, (2)Penerapan tanda waqaf dan ibtidā’ santri balai pengajian al-Ikhlās di dalam membaca Alquran, (3)Faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi kesalahan santri terhadap waqaf dan ibtidā’ di dalam membaca Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ialah; (1)Pemahaman santri Balai Pengajian al-Ikhlās terhadap waqaf dan ibtidā’ ialah masih banyak dari santri Balai Pengajian al-Ikhlās yang kurang memahami definisi waqaf dan ibtidā’, pentingnya, hukumnya, dan apa saja tanda-tandanya. (2)Penerapan tanda waqaf dan ibtidā’ santri balai pengajian al-Ikhlās di dalam membaca Alquran, berdasarkan hasil dari tes yang telah dilakukan banyak dari santri yang kurang mampu dam menerapkan tanda waqaf dan ibtidā’di dalam membaca Alquran. (3)Faktor-Faktor yang melatar belakangi kesalahan santri terhadap waqaf dan ibtidā’ di dalam membaca Alquran meliputi faktor usia santri yang beragam, minat dan keseriusan santri di dalam belajar Alquran, kurangnya tenanga pengajar, faktor perhatian orang tua di rumah dan kerjasama antara pengajar dan orangtua santri dalam meraih hasil yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Dinda Mauliza
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:56
Last Modified: 06 Sep 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item
View Item