Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Sub Materi Spermatophyta Di Kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya

Rauzah, 170207100 (2022) Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Sub Materi Spermatophyta Di Kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Sub Materi Spermatophyta Di Kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya] Text (Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Sub Materi Spermatophyta Di Kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya)
Rauzah, 170207100, FTK, PBL, 081375421885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya dilakukan secara luring atau tatap muka dengan cara menjelaskan materi dan menampilkan beberapa gambar tentang materi yang bersangkutan, selain itu siswa juga mengeluh bahwa sulit untuk memahami materi yang bersangkutan dengan tumbuhan sehingga pada setiap materi yang diajarkan terdapat salah satu kendala yaitu rendahnya hasil belajar dan tingkat aktifitas siswa. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) yaitu penelitian eksperimen yang digunakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok kontrol dengan populasi seluruh kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 14 orang siswa disebut juga dengan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rata-rata hasil belajar meningkat. Analisis aktivitas siswa dapat dketahui bahwa tingkat aktifitas siswa diperoleh 83,6% dengan demikian tingkat keaktifan siswa termasuk dalam ketegori baik sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rauzah Rauzah
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:04
Last Modified: 07 Sep 2022 02:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item
View Item