Perancangan Media Belajar Komik Islami Menggunakan Metode R&D Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 20 Kota Sabang

Zakkiatul Ulfa, 180212001 (2022) Perancangan Media Belajar Komik Islami Menggunakan Metode R&D Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 20 Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Media Belajar Komik Islami Menggunakan Metode R&D Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 20 Kota Sabang] Text (Perancangan Media Belajar Komik Islami Menggunakan Metode R&D Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 20 Kota Sabang)
Zakkiatul Ulfa, 180212001, FTK, PTI, 082272357969.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Media Pembelajaran Komik Islami merupakan sebuah alat bantu atau media yang dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media komik islami bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dua arah, yaitu sebagai media belajar dan alat bantu dalam proses belajar siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa masih terbatasnya media yang digunakan di SDN 20 Kota Sabang kelas III. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui proses dari perancangan media Komik Islami terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN 20 Kota Sabang 2) Untuk mengetahui kelayakan media Komik Islami yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 20 Kota Sabang. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan teori Borg and Gall dengan melalui 7 tahapan. Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi dan uji coba produk, berdasarkan hasil yang telah didapat, media komik islami yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan. Hal tersebut berdasarkan penilaian media komik secara keseluruhan sudah dinyatakan layak dengan hasil persentasi 96,9% Serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 20 Kota Sabang berdasarkan analisis uji produk yang diperoleh yaitu thitung = 27,96 sedangkan ttabel = 0,132. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, maka artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan akhir siswa lebih baik daripada sebelum menggunakan media pembelajaran komik islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Zakkiatul Ulfa
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:00
Last Modified: 06 Sep 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22950

Actions (login required)

View Item
View Item