Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan

Desi Ramadhani, 170209107 (2022) Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan] Text (Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan)
Desi Ramadhani, 170209107, FTK, PGMI, 085215024953.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV MIN 2 Aceh Selatan” kurangnya minat belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berbentuk cetak (printed), karena mereka menganggap kearifan lokal yang ada di dalam buku cetak (printed) belum dikaitkan dengan kearifan lokal yang ada didaerahnya. Sebagian besar guru juga belum menggunakan bahan ajar berbentuk handout berbasis kearifan lokal, akibatnya masih banyak siswa yang belum aktif dalam proses belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. (2) Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. (3) Untuk mengetahui respon guru terhadap bahan ajar dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Aceh Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian Pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dinyatakan layak. Hasil validasi mengenai kelayakan media yang diperoleh dari 2 orang validator ahli, yaitu dari ahli media diperoleh skor 75% dan dari ahli materi diperoleh skor 73% dengan kriteria Layak untuk digunakan. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar handout berbasis kearifan lokal berbasis kearifan lokal pada materi pala dan manfaatnya di MIN 2 Aceh Selatan adalah Sangat Menarik dengan persentase 94,5%. Hasil respon guru terhadap bahan ajar handout berbasis kearifan lokal berbasis kearifan lokal pada materi pala dan manfaatnya di MIN 2 Aceh Selatan adalah 72% kategori menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Ramadhani Desi
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:17
Last Modified: 08 Sep 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22956

Actions (login required)

View Item
View Item