Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Se-Kecamatan Simeulue Barat

Mistadiana, 160208079 (2022) Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Se-Kecamatan Simeulue Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Se-Kecamatan Simeulue Barat] Text (Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Se-Kecamatan Simeulue Barat)
Mistadiana, 160208079, FTK, PKM, 082272001325.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dampak Covid-19 sudah mempengaruhi bagi sebagian besar aspek kehidupan khususnya pada aspek pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakaan secara tatap muka kini di alihkan menjadi pembelajaran secara daring yang menjadi solusi dari kebijakan pemerintah. Maka dalam menunjang pembelajaran secara daring memerlukan sarana dan prasarana untuk melancarkan proses belajar mengajar seperti laptop/komputer, android serta jaringan internet. Melihat kondisi tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang analisis keefektifan pembelajaran kimia secara daring pada pandemi Covid-19 di SMA se-Kecamatan Simeulue Barat. Yang dilatarbelakangi bahwa akses jaringan internet di beberapa daerah Kecamatan Simeulue Barat masih kurang bagus. Selain itu, fasilitas teknologi berupa android maupun komputer, tidak semua peserta didik memilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kimia secara daring pada masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara pusposive sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar angket. Analisis pengolahan data dilakukan dengan analisis hasil data angket dengan cara memilih atau memilah data yang dianggap relevan dan penting yang dianggap berkaitan dan kemudian membuat kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dalam kategori cukup efektif dengan perolehan nilai rata-ratanya adalah 2,71. Selain itu, adapun hambatan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran daring adalah ketidaktersediaan sarana dan prasarana berupa smartphone (Hp pintar), laptop/komputer yang menghubungkan siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mistadiana Mistadiana
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:42
Last Modified: 07 Sep 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item
View Item