Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Pesantren Modern Az-Zahrah Bireun

Ipak Reka Gayonita, 180206003 (2022) Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Pesantren Modern Az-Zahrah Bireun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Pesantren Modern Az-Zahrah Bireun] Text (Strategi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Pesantren Modern Az-Zahrah Bireun)
Ipak Reka Gayonita, 180206003, FTK, MPI, 085211457128.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Keberhasilan suatu sekolah tergantung kepada strategi Pemimpin dalam memimpin sekolah tersebut. Demi tercapainya suatu tujuan yang diinginkan, Strategi Kepemimpinan di pesantren dianggap sebagai otoritas mutlak dalam lingkungan pesantren. Pembelajaran Bahasa Arab dalam suatu lembaga didukung penuh oleh kepemimpinan pesantren yang berjalan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa arab di pesantren Modern Az-Zahrah Bireun dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kepemimpinan pesantren untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab di pesantren Modern Az-Zahrah Bireun. Bentuk Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan pesantren, ustadz/zah, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi yang dilakukan pemimpin yaitu, dengan menentukan arah strategis pemimpin, yaitu dengan cara menentukan strategi pembelajaran yang efektif untuk santri yaitu dengan cara praktek, public speaking, metode pembelajaran yang berrvariasi dan pembelajaran intensive. Sedangkan untuk membina karyawan, pimpinan sendiri melakukan evaluasi dan pimpinan juga melakukan pelatihan-pelatihan terhadap karyawannya. Cara pimpinan mempertahankan organisasi yaitu dengan cara membimbing santri yang berorganisasi Organisasi Santri Pesantren Modern Az-Zahrah (OSPA) dan juga dibina oleh ustadz/zah langsung di pesantren. Dan yang terakhir, cara pimpinan menenkankan etika di pesantren adalah dengan cara dipantau, di panggil dan ditindak lanjuti oleh ustadz/ah. kedua, faktor pendukung: Adanya kerja team yang baik, Adanya dukungan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: santri yang sulit diatur. tidak adanya keinginan santri untuk menggunakan bahasa arab, faktor orang tua, dan diri sendiri. Jadi solusinya adalah dengan diberlakukannya sistem hukuman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ipak Reka Gayonita
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:27
Last Modified: 08 Sep 2022 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item
View Item