Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Di SMAN 1 Pante Ceureumen Kab Aceh Barat

Mauliza Novisa, 170207150 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Di SMAN 1 Pante Ceureumen Kab Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE)  Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan  Hasil Belajar Pada Materi Struktur  Dan Fungsi Sel Di SMAN 1 Pante  Ceureumen Kab Aceh Barat] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Dan Fungsi Sel Di SMAN 1 Pante Ceureumen Kab Aceh Barat)
Mauliza Novisa, 170207150, FTK, PBL, 082167612216.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Pante Ceureumen salah satu faktornya yaitu kurang aktifnya siswa dalam proses mengajar mengajar yang berlangsung dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Sel melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi Struktur dan Fungsi Sel di SMAN 1 Pante Ceureumen. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment yaitu One Group Pre-Test Post-Test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dam tes. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan soal Multiple Choise untuk melihat hasil belajar. Teknik analisis data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar dianalisis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama 74,02% kategori sedang pada pertemuan kedua 80% kategori tinggi melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMAN 1 Pante Ceureumen. Dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMAN 1 Pante Ceureumen mengalami peningkatan dengan N-gain 0,73 kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pante Ceureumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Dan Materi Struktur Dan Fungsi Sel.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mauliza Novisa Mauliza
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:55
Last Modified: 08 Sep 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item
View Item