Kreativitas Pemuda Dalam Pengembangan Usaha Desain Grafis Tipografi Di Gampong Balee Busu Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie

Rita Zahara, 180404034 (2022) Kreativitas Pemuda Dalam Pengembangan Usaha Desain Grafis Tipografi Di Gampong Balee Busu Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kreativitas Pemuda Dalam Pengembangan Usaha Desain Grafis Tipografi Di Gampong Balee Busu Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie] Text (Kreativitas Pemuda Dalam Pengembangan Usaha Desain Grafis Tipografi Di Gampong Balee Busu Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie)
Rita Zahara, 180404034, FDK, PMI, 082365913221.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pemuda Gampong Balee Busu dengan tingkat pendidikan sampai Sekolah Menengah Atas, tidak mempelajari secara khsusus pengetahuan bidang desain grafis tipoografi. Pengetahuan desain grafis tipografi di peroleh dari hasil mengikuti pelatihan. Dengan adanya kreativitas tersebut pemuda Gampong Balee Busu mampu mengembangkan usaha desain grafis tipografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan pemuda Gampong Balee Busu tertarik mengembangkan usaha desain grafis tipografi, dan mengetahui strategi dalam pengembangan usaha desain grafis tipografi. Menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek atau informan dalam penelitian ini yaitu pemuda Gampong Balee Busu, pengurus Komunitas Village Creative dan aparatur Gampong Balee Busu. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui penyebab pemuda Gampong Balee Busu tertarik mengembangkan usaha desain grafis tipografi karena melihat adanya peluang yang bagus, dapat menjalankan usaha tanpa terikat dengan perusahaan, pemasarannya yang sudah sampai tingkat global, dan faktor lingkungan. Strategi dalam pengembangan usaha desain grafis tipografi yang dilakukan pemuda Gampong Balee Busu adalah dengan mengikuti pelatihan, mencoba menghasilkan produk desain grafis tipografi dengan lebih beragam, memasarkan setiap hasil karya desain ke berbagai platform creative market yang ada, dan membangun relasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rita Zahara
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:46
Last Modified: 08 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item
View Item