Persepsi Masayarakat Terhadap Keberadaan Partai Islam Di Kabupaten Simeulue “Studi Kasus: PBB Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019”

Widya Safitri, 170801045 (2020) Persepsi Masayarakat Terhadap Keberadaan Partai Islam Di Kabupaten Simeulue “Studi Kasus: PBB Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Masayarakat Terhadap Keberadaan Partai   Islam Di Kabupaten Simeulue] Text (Persepsi Masayarakat Terhadap Keberadaan Partai Islam Di Kabupaten Simeulue)
Widya Safitri, 170801045, FISIP, IP, 082168650766.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Simeulue terjadi pergeseran eksistensi, pada pemilihan legislatif 2014 DPRK Kabupaten Simeulue dikuasai oleh bukan partai Islam, namun perolehan kursi partai Islam meningkat pada pemilu legislatif tahun 2019 di Kabupaten Simeulue. Bahkan partai Islam yaitu PBB memperoleh posisi ketua DPRK Simeulue. Hal tersebut karena PBB berhasil memperoleh empat kursi di DPRK Kabupaten Simeulue dengan perolehan kursi terbanyak dari Daerah Pemilihan (Dapil) tiga. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah yang pertama, bagaimana persepsi masyarakat terhadap partai Islam di Kabupaten Simeulue. Kedua, apa saja faktor yang memengaruhi persepsi masyarakat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan penelitian ini menggunakan instrumen angket kuesioner dengan analisis data menggunakan teknik analisis statistik. Hasil penelitian ditemukan bahwa masyarakat kabupaten simeulue yang berada di dapil III memberikan persepsi baik terhadap partai PBB. Hal yang paling dominan yang menjadikan perspsi masyarakat baik yaitu PBB dapat mengusung caleg dengan kualitas baik. PBB juga memiliki hubungan sosial yang baik dengan masyarakat Kabupaten Simeulue dan partai PBB mampu menyelesaikan permasalahan krusial yang ada di Kabupaten Simeulue. Selanjutnya faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat yaitu personal caleg yang diusung dan interaksi sosial caleg tersebut. Persepsi masyarakat akan menjadi baik apabila pelembagaan partai sudah menjadi faktor dalam memilih di masyarakat. Karena partai bukan saja lembaga yang mengusung caleg akan tetapi partai memiliki kewajiban untuk mentransfer nilai-nilai ideologi partai kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. phil. Saiful Akmal, M.A. 2. Rizkika Lhena Darwin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Persepsi politik, Partai Islam, PBB.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Widya Safitri Widya
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:50
Last Modified: 08 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item
View Item