Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP 2 Seunagan

Cut Nasriani, 170207098 (2022) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP 2 Seunagan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP 2 Seunagan] Text (Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP 2 Seunagan)
Cut Nasriani, 170207098, FTK, PBL, 081370387905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Seunagan disebabkan siswa merasa kurang termotivasi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan melalui penerapan model pembelajaran scramble pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Seunagan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi experiment dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunkan lembar observasi untuk menganalisis motivasi belajar dan soal multiple choice untuk mengkaji hasil belajar siswa. Teknik analisis data mengenai motivasi belajar siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji T dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen diperoleh hasil rata-rata sebanyak 71,5% dengan kategori cukup melalui penerapan pembelajaran scramble pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Seunagan sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata hasil sebanyak 60,5 %. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dikategorikan baik dengan nilai 79,6 dan kelas kontrol dikategorikan cukup dengan nilai 58,8. Berdasarkan hasil uji t dengan skor 9,693 dan probabilitas 0,025<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara pembelajaran dengan penerapan model scramble dan pembelajaran tanpa menerapkan model scramble (konvensional) di SMP Negeri 2 Seunagan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran scramble, motivasi, hasil belajar, materi pencemaran lingkungan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Nasriani Cut
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:52
Last Modified: 08 Sep 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22980

Actions (login required)

View Item
View Item