Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 11 Aceh Tengah

Dilla Darayani, 180209014 (2022) Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar (BCB) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 11 Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membaca Permulaan] Text (Membaca Permulaan)
Dilla Darayani, 180209014, FTK, PGMI, 081260377682.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media buku cerita bergambar adalah buku yang menampilkan cerita menggunakan gambar. Pada kelas IB MIN 11 Aceh Tengah terdapat siswa kelas I yang masih mengeja dalam membaca dan ada juga yang tidak bisa membedakan huruf. Ini mempengaruhi pembelajaran membaca lanjutan di kelas selanjutnya. Untuk meningkatan keterampilan membaca lebih baik, peneliti menerapkan salah satu media pembelajaran berupa Buku Cerita Bergambar (BCB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan media buku cerita bergambar dan mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa setelah menggunakan media Buku Cerita Bergambar (BCB). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I yaitu 70% dalam kategori baik, hasil pada siklus II yaitu 90% dengan kategori baik sekali. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 62,5% dengan kategori baik, hasil pada siklus II yaitu 85% dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil tes membaca pada siklus I yaitu 52% dengan kategori cukup, sedangkan hasil pada siklus II yaitu 84% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Buku Cerita Bergambar (BCB) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dilla Darayani Dilla
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:50
Last Modified: 08 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22984

Actions (login required)

View Item
View Item