Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Hotel Grand Permata Hati Kota Banda Aceh

Siti Erlida Hanum, 180602174 (2022) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Hotel Grand Permata Hati Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Hotel Grand Permata Hati Kota Banda Aceh] Text (Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Hotel Grand Permata Hati Kota Banda Aceh)
Siti Herlida Hanum, 180602174, FEBI, ES, 085270816099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Sebagian besar penduduk di Kota Banda Aceh adalah beragama Islam, ditambah lagi Aceh merupakan daerah syariah. Sehingga segala kegiatan bisnis yang berjalan haruslah sesuai dengan prinsip syariah. Dengan demikian, pada penelitian ini peneliti memilih hotel yang sudah pernah mendapatkan sertifikasi syariah di Kota Banda Aceh yaitu Hotel Grand Permata Hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam pada Hotel Grand Permata Hati yang dimana hotel tersebut telah mendapatkan sertifikasi syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pada Hotel Grand Permata Hati telah menerapkan beberapa prinsip etika bisnis Islam namun belum sepenuhnya, seperti kolam renang yang belum sesuai syariah Islam. Prinsip etika bisnis Islam yang telah terlaksana seperti prinsip tauhid yaitu tersedianya mushalla yang terdapat pembatas antara laki-laki dan perempuan serta tempat wudhu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Prinsip keseimbangan yaitu harga kamar dan fasilitas diberikan telah sesuai. Prinsip kehendak bebas dapat dilihat dari kebebasan tamu dalam menyampaikan keluhan dan saran melalui media-media yang tersedia di hotel. Tanggung jawab pihak hotel menjaga kebersihan, dan prinsip Ihsan dalam hal menu makanan halal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Erlida Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:50
Last Modified: 08 Sep 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22986

Actions (login required)

View Item
View Item