Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Maladjusment Siswa SMP Negeri 2 Badar

Indriani Santri, 170213074 (2022) Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Maladjusment Siswa SMP Negeri 2 Badar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi  Maladjusment Siswa SMP Negeri 2 Badar] Text (Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Maladjusment Siswa SMP Negeri 2 Badar)
Indriani Santri, 170213074, FTK, BK, 082272342171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku maladjusment adalah keadaan individu yang tidak dapat menyesuaikan diri secara memadai terhadap lingkungan sosial. Pada dasarnya maladjusment terjadi pada semua individu. Maladjusment adalah individu yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian diri secara harmonis baik terhadap dirinya maupun lingkungannya sehingga menimbulkan masalah. Perilaku maladjusment yang dialami oleh siswa masih sulit untuk diubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik sosiodrama dapat mengatasi maladjusment siswa di SMP Negeri 2 Badar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Badar dengan perilaku maladjusment tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 12 siswa sampel dipilih melalui purposive sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pre-test Poste-test Design. Data penelitian dikumpulan dengan menggunakan skala maladjusment. Setelah memperoleh data di analisis menggunakan pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20, diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 1738 ≥ 1179 pada taraf signifikasi 0,05. Artinya terjadi perubahan pada maladjusment siswa setelah memperoleh bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan Bimbingan Kelompok melalui teknik sosiodrama dapat mengurangi maladjusment pada siswa di SMP Negeri 2 Badar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Indriani Santri Indriani
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:56
Last Modified: 08 Sep 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item
View Item