Mekanisme Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Produk Briliance Hasanah Sejahtera Pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh

Cut Nur Thahirah, 160601049 (2019) Mekanisme Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Produk Briliance Hasanah Sejahtera Pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Dana Tabarru’] Text (Pengelolaan Dana Tabarru’)
Cut Nurthahirah, 160601049, FEBI, D-III PS, 085213761220.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penulis melakukan kerja praktik pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh yang beralamat di Jln. Mr Mohd Hasan, Lampeuneurut, Kec. Darul Imarah, Aceh Besar yang merupakan suatu lembaga keuangan berbasis syariah. Selama proses pelaksanaan kerja praktik penulis di tempatkan pada bagian operasional yang bertugas membantu Branch Admint ketika ada nasabah yang ingin membatalkan polisnya dan membantu semua agen dalam hal yang berkenaan dengan keagenan. Adapun tujuan dari penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan dana tabarru’ dalam produk Briliance Hasanah Sejahtera pada PT. Sun Life Financial Syariah Cabang Banda Aceh. Produk Briliance Hasanah Sejahtera merupakan suatu produk asuransi jiwa yang membantu nasabahnya dalam merencanakan keuangan masa depan dengan proteksi perlindungan asuransi hingga usia 88 tahun. Dalam kontribusi pengelolaan dana dari premi yang dibayarkan oleh nasabah terutama pengelolaan dana tabarru’ yang di ambil sebanyak 30% dari premi yang dibayarkan oleh nasabah. Dana tabarru’ merupakan dana yang berasal dari kontribusi peserta yang mekanisme penggunaannya sesuai dengan perjanjian asuransi syariah atau reasuransi syariah. Besarnya dana tabarru’ adalah 75% dari jumalah premi yang di bayarkan, sedangkan besarnya dana pengelolaan resiko adalah 25 % dari premi yang telah di bayarkan. Dana tabarru’ yang di kumpulkan oleh peserta tersebut lalu di investasikan oleh perusahaan ke dalam wadah investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Dari hasil investasi perusahaan asuransi dapat memperoleh bagi hasil. Adapun saran yang ingin penulis sampaikan sebagai masukan bagi PT. Sun Life Finacial Syariah Cabang Banda Aceh adalah agar dapat melakukan penambahan karyawan di bagian marketing untuk kemajuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Nur Thahirah Cut
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:07
Last Modified: 08 Sep 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item
View Item