Pengamalan Surah-Surah Pilihan Bagi Santri Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Tangga Besi Kota Subulussalam

Riska, 180303077 (2022) Pengamalan Surah-Surah Pilihan Bagi Santri Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Tangga Besi Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pengamalan Surah-Surah Pilihan Bagi Santri Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Tangga Besi Kota Subulussalam] Text (Pengamalan Surah-Surah Pilihan Bagi Santri Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah Tangga Besi Kota Subulussalam)
Riska, 180303077, FUF, IAT, 085760960438.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya telah banyak suatu komunitas atau Pesantren yang melakukan praktik resepsi terhadap Alquran baik dalam bentuk pembacaan, pemahaman, dan pengamalan. Seperti Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah yang merutinkan santrinya membaca surah-surah pilihan setiap hari setelah selesai salat fardu berjamaah. Meskipun kegiatan ini rutin dilakukan, namun realita di lapangan masih banyak santri yang kurang memahami makna dari pengamalan surah-surah pilihan ini. Berdasarkan fenomena ini peneliti akan mengkaji bagaimana praktik dan pemaknaan pengamalan surah-surah pilihan di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan Metode Penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengamalan surah-surah pilihan di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Di antara surah-surah pilihan yang diamalkan adalah: surah al-Wāqi’ah, surah Yāsīn, surah al-Raḥmān, surah al-Kahfi, dan surah al-Mulk. Pemaknaan pengamalan surah-surah pilihan bagi santri Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Mardhatillah diantaranya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, membuat hati menjadi tenang, membentuk karakter dan akhlak santri yang lebih baik lagi, mendapatkan keberkahan dan fadilah dari surah-surah pilihan tersebut. Serta agar selalu istikamah dalam menghafal dan mengulang hafalan Alquran.
Kata kunci: Pengamalan, Surah-surah Pilihan, Santri

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengamalan, Surah-surah Pilihan, Santri
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Riska Ika
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:00
Last Modified: 09 Sep 2022 02:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23002

Actions (login required)

View Item
View Item