Kebijakan Tax Amnesty di Indonesia (Analisis Perspektif Hukum dan Politik Ekonomi Islam)

Rauzatul Jannah, 28162495 (2020) Kebijakan Tax Amnesty di Indonesia (Analisis Perspektif Hukum dan Politik Ekonomi Islam). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebijakan Tax Amnesty di Indonesi (Analisis Perspektif Hukum dan Politik Ekonomi Islam)] Text (Kebijakan Tax Amnesty di Indonesi (Analisis Perspektif Hukum dan Politik Ekonomi Islam))
Rauzatul Jannah, 28162495, PS, ES, 085370593791.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Program pengampunan pajak merupakan sebuah langkah dalam rangka perlindungan harta milik suatu negara untuk menjaga kestabilan ekonomi, memenuhi kebutuhan masyarakat serta demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pandangan hukum Islam terhadap kebijakan tax amnesty di Indonesia dan 2) pandangan politik ekonomi Islam terhadap kebijakan tax amnesty di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian teoritis, dikarenakan penelitian ini bersifat library research. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, yang mana data-data diperoleh melalui bahan kepustakaan, yaitu: literatur, kliping koran, internet dan studi dokumentasi berkas-berkas yang berkaitan. Dan teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah dengan mengorganisasikan, memilah-milah data menjadi satuan data yang dapat dikelola, mensintesiskan data, mencari dan menemukan pola, menemukan data yang penting dan mempelajarinya serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pajak tidak boleh dipungut pemerintah dengan cara paksa dan kekuasaan semata, melainkan karena ada kewajiban kaum muslimin yang dipikul oleh negara. Berdasarkan teori keadilan dalam Islam, pengampunan pajak dapat dipandang sebagai usaha gotong-royong nasional, yang mana semua level masyarakat diberikan hak yang sama untuk mengikutinya. Berdasarkan teori kemaslahatan dalam Islam jika dilihat dari lima prinsip dasar masalahah, maka pengampunan pajak masuk pada kategori menjaga harta, menjaga jiwa dan menjaga akal. Dari segi kebijakan politik ekonomi dalam Islam masuknya dana dari kebijakan pengampunan pajak yang diberlakukan pemerintah berpeluang besar dikelola secara syariah karena konsep syariah itu memiliki nilai keadilan dan kesejahteraan umat. Dari sisi keuangan publik, pengampunan pajak dapat menyediakan tambahan likuiditas bagi sistem keuangan dalam negeri, menambah cadangan devisa dan membantu memperkuat nilai tukar rupiah. Dan yang menjadi strategi pajak dalam Islam ada tiga, yaitu menanam nilai tauhid dalam sistem perpajakan, menanam nilai keadilan dalam perpajakan dan menanam nilai sosial dalam perpajakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:32
Last Modified: 09 Sep 2022 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23008

Actions (login required)

View Item
View Item