Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Struktur dan Fungsi Sel terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kluet Selatan

Sulasmi, 281324893 (2017) Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Struktur dan Fungsi Sel terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kluet Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengaruh media animasi]
Preview
Text (Membahas tentang pengaruh media animasi)
sulasmi-kumpulan skripsi. pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah minat belajar siswa kurang. Kurangnya minat ini dapat disebabkan karena penggunaan media yang kurang menarik, oleh karena itu diperlukan penggunaan media yang menarik seperti media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi struktur dan fungsi sel di SMAN 1 Kluet Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kluet Selatan, sedangkan pengambilan sampel penelitian secara purposive sampling dengan tujuan tertentu yaitu dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPA-3. Oleh karena itu yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA-3. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi minat siswa dan soal tes untuk hasil belajar siswa. Analisis data minat menggunakan uji persentase, dan hasil belajar dengan uji normalitas dan uji-t simple paired t-test menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa tergolong sangat baik yaitu 87,33% termasuk kategori baik sekali. Hasil belajar dengan menggunakan uji-t simple paired t-test diperoleh nilai thitung 26,958 dan t tabel 1,714 atau signifikan 0,000<0.05. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan terjadi penerimaan H1 yaitu Penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kels XI di SMAN 1 Kluet Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Lina Rahmawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, Struktur dan fungsi sel
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ms Sulasmi binti mukrizal
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:49
Last Modified: 24 Jan 2018 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item
View Item