Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara

Ikmalia Hamdhi Zaida, 170207109 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada  Materi  Sistem Pernafasan Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara] Text (Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas XI Di SMAN 2 Kluet Utara)
Ikmalia Hamdhi Zaida, 170207109, FTK, PBL, 085297341527.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan tidak memahami selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan kelas XI di SMAN 2 Kluet Utara. Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IX IPA 1 dengan jumlah siswa 18 orang.Teknik pengumpulan data keaktifan belajar dengan observasi dan untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan soal tes. Analisis data keaktifan belajar menggunakan rumus persentase dan analisis hasil belajar dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan belajar memperoleh nilai 77% dengan kriteria tinggi dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre-test 50 sedangkan nilai post-test yaitu 85. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 8,9 dan ttabel = 1,73 dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung ≥ 8,9 ttabel = 1,73) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa penerapan Model Discovery Learning menjadikan siswa lebih aktif ketikapembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ikmalia Hamdhi Zaida
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:39
Last Modified: 09 Sep 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item
View Item