Penggunaan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Matematika Di Kelas Iv Min 4 Batu Ralang

Amon Manti, 170209090 (2020) Penggunaan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Matematika Di Kelas Iv Min 4 Batu Ralang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Takalintar Untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Matematika Di Kelas Iv Min 4 Batu Ralang] Text (Penggunaan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Matematika Di Kelas Iv Min 4 Batu Ralang)
Amon Manti, 170209090, FTK, PGMI, 082214900479.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Takalintar adalah pembelajaran yang berbentuk tabel yang terbuat dari papan atau gabus. Takalintar merupakan alternatif lain dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perkalian selain teknik bersusun pendek dan teknik bersusun panjang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru di kelas IV MIN 4 Batu Ralang dengan penggunaan media Takalintar pada materi perkalian, untuk mengetahui aktivitas siswa di kelas IV MIN 4 Batu Ralang dengan penggunaan media Takalintar pada materi perkalian dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 4 Batu Ralang dengan penggunaan media Takalintar pada materi perkalian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 4 Batu Ralang Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga Takalintar dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan hasil siklus I 64,28%, siklus II 71,42% dan siklus III 89,28%. Aktivitas siswa juga meningkat dengan hasil siklus I 53,84%, siklus II 71,15%, dan siklus III 92,30%.Dan hasil belajar siswa mengalami peningkata dengan hasil belajar siklus I 48,00%, siklus II 72,00% dan siklus III 80,00%. Guru juga memberikan post-test dan mendapat nilai sebesar 92%. Sehingga target indikator keberhasilan hasil belajar siswa sebesar 75% tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1.Zikra Hayati, S.Pd.M.Pd 2. Wildan Seni, ST.M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Takalintar,Hasil Belajar, Perkalian
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amon Manti
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:42
Last Modified: 09 Sep 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item
View Item