Penggunaan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Memahami Teks Pada Pelajaran Muthalaah Untuk Tingkat Mas Darul Ihsan Aceh Besar

Adek Indah Srimulyati, 180202170 (2022) Penggunaan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Memahami Teks Pada Pelajaran Muthalaah Untuk Tingkat Mas Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Memahami Teks Pada Pelajaran Muthalaah Untuk Tingkat Mas Darul Ihsan Aceh Besar] Text (Penggunaan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Memahami Teks Pada Pelajaran Muthalaah Untuk Tingkat Mas Darul Ihsan Aceh Besar)
Adek Indah Srimulyati, 180202170, FTK, PBA, 082253455053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas 1 MAS Darul Ihsan tidak terlalu aktif saat melaksanakan proses pembelajaran, siswa hanya sebatas mendengar apa yang dijelaskan oleh guru, guru juga belum menggunakan metode dan media yang tepat dalam mengajar, dan hanya terpaku dengan buku saja, sehingga siswa merasa bosan dan tidak fokus dengan materi yang diajarkan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menerapkan Model pembelajaran TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam memahami teks pada pelajaran muthalaah setelah menerapkan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Desain. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi langsung dan tes sebelum eksperimen dan setelahnya. Jumlah populasi dalam penelitian ini sekitar 154 siswa/i kelas 1 MAS Darul Ihsan. Dan 23 siswa kelas 1E MAS Darul Ihsan sebagai sampel pada penelitian ini. Menggunakan Model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam memahami teks. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00<0,05. Sesungguhnya penggunaan Model pembelajaran TPS (Think Pair Share)mendapatkan hasil sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai observasi langsung aktivitas guru 94,2% dan nilai observasi langsung aktivitas siswa 97,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adek Indah Srimulyati
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:00
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item
View Item