Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Berjamaah Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar

Rouzatul Jannah, 180201068 (2022) Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Berjamaah Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Berjamaah Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar] Text (Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Berjamaah Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar)
Rouzatul Jannah, 180201068, FTK, PAI, 082275413248.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Media audio visual merupakan salah satu media pembelajaran yang menggunakan indera penglihatan dan pendengaran dalam proses pembelajaran. Seperti video pembelajaran, film, dan lain sebagainya. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sangat memudahkan peserta didik dalam memahami materi ajar, Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, untuk mengetahui aktivitas peserta didik setelah diterapkan media audio visual dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana penerapan media audio visual pada materi shalat berjamaah untuk meningkatkan hasil belajar di MTsN 6 Aceh Besar? Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan media audio visual pada materi shalat berjamaah di MTsN 6 Aceh Besar? Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 6 Aceh Besar berjumlah 21 orang. Adapun cara pengumpulan datanya melalui tes hasil belajar peserta didik, lembar aktivitas peserta didik dan lembar observasi guru ketika pembelajaran. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif (persentase) dan rata-rata (mean). Skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase 38%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus II dengan persentase 90%. Sedangkan aktivitas peserta didik siklus I 72% dengan kategori baik, pada siklus II 91% dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I 76% dengan kategori baik, pada siklus II 92% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa adannya peningkatan hasil belajar siswa materi shalat berjamaah melalui penerapan media audio visual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rouzatul Jannah
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:03
Last Modified: 09 Sep 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23023

Actions (login required)

View Item
View Item