Penggunaan Media Kubus Struktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Qawaid Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Aceh Selatan)

Nurul Fadhillah, 180202040 (2022) Penggunaan Media Kubus Struktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Qawaid Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Kubus Struktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Qawaid Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Aceh Selatan)] Text (Penggunaan Media Kubus Struktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Qawaid Nahwu (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Aceh Selatan))
Nurul Fadhillah, 180202040, FTK, PBA, 082360537644.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pada observasi pertama peneliti menemukan di kelas 2 B pada sekolah MTsN 1 Aceh Selatan, bahwa siswa tidak mampu dalam pembelajaran nahwu, kurangnya kemampuan siswa untuk memahami materi nahwu, sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran qawaid nahwu. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan media kubus struktur untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam qawaid nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kubus struktur untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam qawaid nahwu dan untuk mengetahui respon siswa saat penggunaan media kubus struktur dalam qawaid nahwu. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test post-test design. Adapun instrument yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kubus struktur ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam qawaid nahwu, dengan hasil tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05. Dan Penggunaan media kubus struktur mendapatkan respon yang positif dari siswa yaitu respon positif lebih besar dari respon negative dengan persentase 90,2% > 9,8%, ini menunjukkan bahwa media kubus struktur bisa meningkatkan kemampuan siswa, minat siswa dan rasa sukanya dalam pembelajaran qawaid nahwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Fadhillah
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:06
Last Modified: 09 Sep 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23024

Actions (login required)

View Item
View Item