Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Dinas Pendidikan Aceh Terhadap Terpenuhinya Informasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru Followers Instagram Dinas Pendidikan Aceh)

Nurul Fajar, 201007012 (2022) Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Dinas Pendidikan Aceh Terhadap Terpenuhinya Informasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru Followers Instagram Dinas Pendidikan Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Dinas Pendidikan Aceh Terhadap Terpenuhinya Informasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru Followers Instagram Dinas Pendidikan Aceh)] Text (Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Dinas Pendidikan Aceh Terhadap Terpenuhinya Informasi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru Followers Instagram Dinas Pendidikan Aceh))
Nurul Fajar, 201007012, PS, KPI, 085258194546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Coronavirus 2019 atau lebih dikenal Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (Sars-CoV-2). Pandemi ini sangat berdampak besar pada pendidikan, sehingga program stay at home terpaksa dilakukan sebagai upaya menekan perluasan penyebaran virus Covid-19. Akibatnya terdapat banyak kendala dalam proses belajar mengajar. Adanya laporan dari beberapa guru tentang penyampaian informasi yang tidak merata menjadi salah satu faktor penyebab penulis meneliti ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah Responden yang diteliti sebanyak 98 orang guru followers Instagram Dinas Pendidikan Aceh dengan cara pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas pemanfaatan Instagram Dinas Pendidikan Aceh diketahui sebesar 76% dan juga terdapat pengaruh dari variabel terpenuhinya informasi pendidikan di masa Pandemi Covid-19 (X) terhadap efektivitas pemanfaatan Instagram Dinas Pendidikan Aceh (Y).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Instagram Dinas Pendidikan Aceh cukup efektif dalam memenuhi informasi Pendidikan di masa pandemi Covid-19 dan juga terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Fajar Nurul
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:11
Last Modified: 09 Sep 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item
View Item