Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN Miruk Taman Aceh Besar

Marhamah, 201223452 (2017) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di Kelas V MIN Miruk Taman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Metode Pembelajaran)
MARHAMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas V banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa, diantaranya adalah materi tentang pencemaran lingkungan. Dalam proses pembelajaran IPA yang dilaksanakan di MIN Miruk Taman Aceh Besar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru tentang materi pencemaran lingkungan Pemahaman dan penguasaan konsep terhadap materi-materi yang diajarkan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Salah satu metode yang dapat membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep adalah metode mind mapping. Tujuan penelitian ialah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan Penerapan Metode Mind Mapping, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan Penerapan Metode Mind Mapping, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan Penerapan Metode Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas V B MIN Miruk Taman Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 2.68 berada pada katagori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3.69 (katagori sangat baik), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2.63 berada pada katagori cukup baik, dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 3.91 (katagori sangat baik). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61.76%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Mind Mapping pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN Miruk Taman Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat menerapkan Metode Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wati Oviana, M.Pd; 2. Fajriah, MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marhamah Zakirah
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:54
Last Modified: 31 Jan 2018 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item
TOP