Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Materi Virus Kelas X MAN 2 Aceh Barat

Ika Sri Widimulya HT, 281324825 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Materi Virus Kelas X MAN 2 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
IKA SRI WIDIMULYA HT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan 65% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi virus kelas X MAN 2 Aceh Barat. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan model one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang terdiri dari X-Sains 1, X-Sains 2, dan X-Sos. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-Sains 2 dengan jumlah siswa 20 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa dan soal tes. Analisis data motivasi belajar siswa menggunakan rumus index dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi virus kelas X MAN 2 Aceh Barat termasuk kategori sangat tinggi dengan rata-rata 86,1 dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil uji t menunjukkan thitung = 15,2 dan ttabel = 1,73 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X MAN 2 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Anton Widyanto, M. Ag., Ed. S; 2. Eriawati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Motivasi belajar, Hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Sri Widimulya
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:37
Last Modified: 24 Jan 2018 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item
TOP