Penerapan Smart Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat di MIN 13 Aceh Selatan

Elva Derliyana, 180202079 (2022) Penerapan Smart Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat di MIN 13 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Smart Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat di MIN 13 Aceh Selatan] Text (Penerapan Smart Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat di MIN 13 Aceh Selatan)
Elva Derliyana, 1802022079, FTK, PBA, 082277240356.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Smart Card adalah alat yang digunakan untuk memberikan kosakata dengan bahasa Arab. Pada kelas IV MIN 13 Aceh Selatan, kemampuan siswa dalam menghafal kosa kata masih lemah, dan mereka merasa kesulitan dalam melafalkan huruf. kata dan juga kesulitan dalam membedakan makna antar kosa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan Smart Card dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan tipe One Group Pre-test Post-test Design. Peneliti menyajikan pre-test, post-test dan lembaran observasi langsung sebagai alat penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MIN13 Aceh Selatan, dan peneliti menjadikan kelas 4 sebagai sampel yang berjumlah 20 siswa. Adapun hasil penelitian, penerapan Smart Card efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata siswa dengan hasil pada taraf signifikansi (Sig 2-tailed) 0,004 lebih kecil dari hasil taraf signifikasi 0,05. Dan hasil dari kegiatan guru dan siswa dalam menghafal kosakata dengan menerapkan Smart Card mendapatkan nilai yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Elva Derliyana Elva
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:46
Last Modified: 12 Sep 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item
View Item