Uji Efektivitas Tanah Kompos yang Diaktivasi sebagai Adsorben pada Pemurnian Minyak Jelantah

Natasya, 160702092 (2021) Uji Efektivitas Tanah Kompos yang Diaktivasi sebagai Adsorben pada Pemurnian Minyak Jelantah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Uji Efektivitas Tanah Kompos yang Diaktivasi sebagai Adsorben pada Pemurnian Minyak Jelantah] Text (Uji Efektivitas Tanah Kompos yang Diaktivasi sebagai Adsorben pada Pemurnian Minyak Jelantah)
Natasya, 160702092, FST, TL, 085321378571.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Minyak jelantah merupakan minyak yang sudah digunakan berulang-ulang oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Penggunaan minyak goreng secara berulang-ulang dengan suhu yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya reaksi degradasi komplek dalam minyak dan akan menghasilkan berbagai senyawa hasil reaksi, seperti kadar air, bilangan asam dan bilangan peroksida. Pada penelitian ini menggunakan adsoreben untuk menurunkan kadar air, bilangan asam dan bilangan peroksida pada minyak jelantah. Pada penelitian ini menggunakan ukuran serbuk tanah kompos 100 mesh dengan konsentrasi larutan HCl 1,0 M. Hasil penelitian menunjukkan tanah kompos yang sudah diaktivasi telah meningkatkan luas permukaan tanah dimana mengalami perubahan yaitu terlihat pori-pori berukuran besar dan luas permukaan bertambah besar. Dari hasil penelitian diperoleh kandungan kadar air pada minyak jelantah yang sudah di adsorpsi dengan tanah kompos yang diaktivasi mengalami penurunan berkisar antara 0.004% sampai 0.008%. Daya adsorpsi paling besar diperoleh pada tanah yang sudah diaktivasi, dimana terjadi penurunan bilangan peroksida dari 29,92 meq/kg menjadi 16,17 meq/kg. Pada bilangan asam juga terjadi penurunan dari 1,05 mg/g menjadi 0,62 mg/g. Dimana pada penelitian ini tanah kompos yang sudah diaktivasi lebih efektif sebagai adsorben pada penyerapan kadar air, bilangan peroksida dan bilangan asam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Natasha Natasha
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:59
Last Modified: 12 Sep 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item
View Item