Konsep Akhlak Qur’ani Dan Penerapannya Dalam Masyarakat Perspektif M. Quraish Shihab (Studi Analitik Terhadap Tafsir Al-Mishbah)

Mulmustari, 170303081 (2022) Konsep Akhlak Qur’ani Dan Penerapannya Dalam Masyarakat Perspektif M. Quraish Shihab (Studi Analitik Terhadap Tafsir Al-Mishbah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Konsep Akhlak Qur’ani Dan Penerapannya Dalam Masyarakat Perspektif M. Quraish Shihab (Studi Analitik Terhadap Tafsir Al-Mishbah)] Text (Konsep Akhlak Qur’ani Dan Penerapannya Dalam Masyarakat Perspektif M. Quraish Shihab (Studi Analitik Terhadap Tafsir Al-Mishbah))
Mulmustari, 170303081, FUF, IAT, 082370538038.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pemahaman akhlak dalam kehidupan masyarakat yaitu dengan menunjukkan betapa pentingnya nilai akhlak tersebut dalam menerapkannya dalam lingkungan masyarakat. Ini dengan melihat bagaimana banyak sekali fenomena hilangnya akhlak pada manusia, yakni dengan melakukan perbuatan yang tercela. Hilangnya akhlak tersebut dapat terjadi karena meningkatnya dan berkembangnya hidup yang begitu modern dan teknologi yang mengalami kemajuan yang begitu cepat. Permasalahan tersebut mendorong penulisan ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang perumusan nilai akhlak qur’ani dan penerapannya dalam kehidupan. Pembahasan akhlak tidak jauh dari ajaran al-Qur’an, penafsiran dari ayat-ayat tentang akhlak tersebut dituangkan menurut tafsir kontemporer Indonesia yaitu tafsir al-Mishbah karya dari M. Quraish Shihab. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Library Research (studi kepustakaan) yaitu dengan menelaah kitab tafsir, buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan judul pembahasan ini. Hasil pada penelitian ini yaitu konsep akhlak qur’ani yang menganjurkan manusia bagaimana dalam mewujudkan nilai akhlak yang dijelaskan oleh nash-nash al-Qur’an. ini dikarenakan, tidak bermakna sebuah konsep yang apabila hanya dalam bentuk teoritis saja. Metode yang dapat digunakan dalam menerapkan akhlak dalam kehidupan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode pembinaan. Adapun nilai akhlak yang dapat dirasakan oleh manusia adalah adanya nilai keseimbangan, harmoni sosial dan keselarasan dalam kehidupan. Nilai tersebut dapat dirasakan apabila menerapkan akhlak yang telah diajarkan oleh al-Qur’an dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mulmustari Mulmustari
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:01
Last Modified: 12 Sep 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23046

Actions (login required)

View Item
View Item